Senin, 24 Maret 2014

Efek Samping PRASANGKA

 Hmm... ini nih yang sering terjadi PRASANGKA di antara kita. 
nggk bisa dipungkiri bahwa dari kita pasti pernah mengalami hal ini. 
PASTI! 
Siapa yang nggak pernah? Hayo ngaku :) 

Terkadang, apa yang kita lakukan dan itu baik adanya belum tentu baik bagi orang lain karena bisa aja nggak sesuai dengan sudut pandangnya. 

Tapi, bila selalu dan terus menerus menanamkan pikiran positif atau mencoba melihat dari sudut pandang lain pasti prasangka-prasangka itu tidak akan memberikan efek samping yang terlalu! 

iya terlalu! bahkan ke-ter-la-lu-an! 
sampai akhirnya menimbulkan gesekan-gesekan sengit antara satu dengan yang lain. 

Jangan sampai prasangka-prasangka yang kita tudingkan malah memancing si penyesalan muncul tanpa diundang. Padahal ternyata yang kita/orang itu lakukan justru sebenarnya sedang mempersiapkan sesuatu yang spesial untuk kita. 


Tangan tepatnya jari-jari gue ini sungguh lihai dengan sendirinya ketika gue tahu orang yang buat gue spesial ulang tahun dan tanpa babibu gue duduk manis depan laptop putih kesayangan gue dan segera buka adobe photoshop untuk mewujudkan sesuatu. 

Tiba suatu hari, ada seorang yang gue anggap spesial (pada waktu itu) dan gue buatlah ucapan birthday yang memang kalo di nilai harganya sih murah kali ya buat dia karna gue khan gag selevelnya atau bahkan dia bisa buat lebih dari yang gue buat. tapi yang penting buat gue di sini, adalah ketulusan gue untuk membuat birthday card untuknya. sampai pada hari H dia berulang tahun. gue kirimkanlah itu. dan gue yakin dia menerima dengan baik, tapi apa yang gue dapatkan? tak ada balasan satu kata pun dari yang bersangkutan dan gue ambil positifnya mungkin terlalu banyak ucapan yang diterima sehingga dia lupa membalasnya. tapi yasudahlah yang penting gue sudah memberikan dan gue tulus. 

Tapi, semua berubah ketika beberapa hari setelahnya dia membalas tak ada sapaan yang baik tapi justru ungkapan bahwa gue jangan sok baik sama dia. haha. gue hanya diam dan cukup tahu bahwa orang yang masuk list spesial gue ini *benar-benar spesial* ternyata. haha. 

ini pasti berangkat dari prasangka buruk yang dia ciptakan sendiri, sehingga apa yang terjadi ? 
Prasangka sering mendatangkan petaka adalah kalimat yang cocok dengan kisah tadi dan penyesalan biasanya datang menyusul di belakang itu. Begitu banyak masalah dan problem di dunia ini muncul karena prasangka negatif maka butuh kedewasaan dalam mengendalikan pikiran agar kebiasaan berprasangka tidak kita layani begitu saja dan sedapat mungkin kita hilangkan. Kita ganti dengan berfikir positif sekaligus hati-hati dan dengan demikian memungkinkan hubungan kita dengan orang lain akan menjadi harmonis dan membahagiakan. - Andrie Wongso

 ASLI! ketemu aja loh kalimat ini sama gue, di saat yang pas. hihi. 

Jadii... berusahalah untuk tetap berpikir positif, walapun sebenarnya nih ya sebenarnya mungkin kita nggak suka/kurang sreg lah  dengan orang yang bersangkutan. tapi nih tapi, gimana gitu rasanya ketika lo udah berusaha untuk menyirami diri lo dengan berpikir positif akan dirinya tapi apa yang lo dapat ? sungguh rasanya! miris. 

Tapi, tak ada yang perlu disesali. Biarlah menjadi pelajaran tersendiri bagi diri sendiri akan sebuah ketulusan untuk memberikan dan stay positive thinking :) Tuhan beserta kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar